Sabtu, 20 Oktober 2012

Kenapa Bahasa Inggris Penting Bagi Kita?

“Language forces us to perceive the world as man presents it to us”
Julia Penelope

Tidak ada orang yang bisa menyangkal bahwa Bahasa Inggris itu penting. Mengapa penting? Karena Bahasa Inggris adalah bahasa dunia.
Anda tentu pernah melihat wisatawan-wisatawan asing yang melancong ke berbagai tempat rekreasi di Indonesia. Mereka datang dari berbagai negara mulai dari Asia sampai Eropa. Coba perhatikan mereka ketika sedang bercakap-cakap dengan pelayan hotel atau masyarakat sekitar. Perhatikan bahasa apa yang mereka gunakan? Ya, kebanyakan pelancong-pelancong itu menggunakan Bahasa Inggris —walaupun mereka bukan berasal dari Inggris atau dari Negara yang memakai Bahasa Inggris. Begitupun ketika anda pergi ke negara-negara lain. Jika tidak bisa bahasa negara itu, maka bicaralah Bahasa Inggris, karena bahasa ini menjadi salah satu bahasa yang paling banyak dimengerti di seluruh dunia. Begitulah mengapa Bahasa Inggris disebut bahasa dunia.
Coba perhatikan negara-negara di sekeliling Indonesia; Singapura, Malaysia, Filipina, Australia, Selandia Baru, dan Papua Nugini. Negara-negara tersebut menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pertama atau kedua mereka. Bahasa Inggris adalah bahasa resmi atau paling tidak memiliki kedudukan khusus di 75 negara dan digunakan di lebih dari 100 negara.
Informasi yang bersikulasi di dunia ini juga kebanyakan diterbitkan dalam bahasa Inggris. Buka saja internet dan lihat berbagai laman website populer. Website populer seperti Yahoo, Google, Wikipedia, Amazon, YouTube menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.
Begitupun buku-buku, ada banyak buku yang diterbitkan dalam Bahasa Inggris. Majalah besar seperti Newsweek, Time, Vogue, Bazaar, People, Life, National Geographic, MacWorld ditulis dan diterbitkan dalam Bahasa Inggris. Mengapa? Karena ingin memperoleh pasar yang luas. Bahan referensi yang tersedia di universitas-universitas di Indonesia pun secara tidak langsung mengharuskan mahasiswa untuk memiliki bekal pengetahuan Bahasa Inggris.
Intinya, apapun minat anda, informasi yang tersedia di sekitar saat ini mensyaratakan pengetahuan Bahasa Inggris. Tidak hanya itu, anda juga dapat mengejar kesempatan belajar di luar negeri dengan sarat mampu berbahasa Inggris. Ada ribuan program belajar, bekerja dan sukarelawan di seluruh dunia, tetapi hampir seluruhnya hanya ditawarkan kepada mereka yang menguasai Bahasa Inggris. Dunia yang penuh dengan kesempatan ini terbuka bila anda bisa berbicara Bahasa Inggris.
Bukan hanya itu, Bahasa Inggris juga akan menaikan kedudukan seseorang dalam masyarakat. Saya punya pengalaman pribadi tentang hal ini. Suatu hari saya diundang seorang teman untuk bertemu di sebuah mal besar di daerah Jakarta. Kebetulan teman saya itu bule asal Boston, Amerika Serikat. Sesampainya di mal dia belum datang, ia meminta saya untuk menunggu di food court yang telah kita sepakati sebelumnya.
Suasana mal itu masih sepi, hanya beberapa penjaga, OB dan orang yang berlalu lalang, maklumlah masih pagi. Setelah duduk, saya merasa tidak enak jika tidak memesan sesuatu, dan karena jumlah uang di kantong yang tidak terlalu banyak, maka saya memutuskan untuk memesan minuman yang paling murah. Entah karena masih pagi atau memang tampang saya yang memang kampungan, pelayan dan orang-orang di sekitar situ memandang saya dengan tatapan ‘bocah dari kampung mane lo?’.
Beberapa menit kemudian kawan saya datang. Sebelumnya kami juga berbicara lewat telepon. Dan ajaib sekali, orang-orang langsung memperhatikan dan merasa ‘takjub’ dengan anak kampung yang nggak punya cukup duit ini saudara-saudara!
Ya begitulah kenyataan di negeri ini, kemampuan berbahasa Inggris masih dianggap sebagai sesuatu yang ‘mewah’. Orang yang menggunakannya biasanya juga disegani. Coba saja bayangkan, ada seseorang nenek di dekat anda sedang menelpon cucunya dengan menggunakan Bahasa Inggris. Tentu anda akan sangat respect padanya, padahal mungkin sebelumnya anda menganggap ia biasa-biasa saja.
Berdasarkan alasan-alasan di atas, Bahasa Inggris menjadi sangat penting. Suka tidak suka, bahasa yang satu ini menjadi hal yang perlu dipelajari oleh setiap orang Indonesia. Walaupun anda tidak yakin akan mendapat kesempatan untuk ke luar negeri, pengetahuan ini tetap diperlukan. Paling tidak untuk menjadikan anda disegani orang-orang di sekitar. :)

Sumber: Pintar bahasa Inggris Via Media Sehari-hari