Minggu, 04 Maret 2012

Authentic Listening: Website for Listening Practice

Tentu kamu tahu ada ratusan bahkan ribuan website di dunia maya yang menawarkan pelatihan Listening, mulai dari yang berbayar sampai yang gratis. Dari beberapa website itu pun sering hanya memberikan link kepada website lain. Jadi, dalam penulusuran di dunia maya ini harus hati-hati, salah-salah kamu tersesat dan akhirnya kehabisan waktu tanpa menemukan apa yang sedang kamu cari.

Ini tak ubahnya seperti ibu-ibu yang pergi ke supermarket tanpa membawa catatan belanjaan. Ia melihat apapun dan timbul keinginan untuk membeli, entah karena diskon atau hanya lapar mata, sampai akhirnya ia lupa apa yang seharusnya dibeli. Saran saya, setialah pada satu website dan belajarlah dengan tekun.

Ada satu website yang sangat dianjurkan jika kamu ingin meningkatkan kemampuan Listening, alamatnya di www.esl-lab.com yang diasuh oleh Randall Davis.



Ini adalah website yang sangat lengkap. Selain website ini, Randall juga mempunyai website lain yang berkaitan dengan Listening untuk percakapan sehari-hari, website untuk melatih pengucapan, bahkan website yang berisi Listening bahasa ‘slank’, atau bahasa informal. Dijamin kamu tidak akan kehabisan bahan Listening dan tentunya semuanya up to date dan authentic.

Di halaman awal website ini langsung terpampang ‘General Listening Quizzes’ yang berisi percakapan sehari-hari tentang berbagai macam topic seperti menyampaikan pesan melalui telepon, kegiatan di sekolah, kesehatan dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, website ini juga mencantumkan 3 level Listening; Easy, Medium dan Difficult.

Kamu tinggal memilih level dan topik yang kamu inginkan dengan mengkliknya. Contohnya, kamu memilih level ‘Easy’ dengan topik ‘Answering Machine’. Seperti terlihat di bawah ini:



Setelah mengkliknya akan terlihat halaman seperti di bawah ini:



Di situ terlihat beberapa bagian:
1. Pre-Listening Exercise
2. Listening Exercise
3. Vocabulary
4. Post Listening
5. Online Investigation

Pre-Listening Exercise berguna untuk memperkenalkan bahan Listening yang akan kamu dengarkan. Di sini kamu akan mengetahui siapa yang berbicara dan berapa lama. Di sebelah kiri website ini juga terpampang idiom tentang topik yang kamu pilih. Dalam percakapan, kamu akan mendengarkan idiom-idiom itu diucapkan. Kamu juga diberikan tip yang berguna yang juga masih berkaitan dengan topik.

Kemudian dilanjutkan dengan Listening Exercise, yaitu Listening itu sendiri. Setelah mendengarkan Listening, kamu diberikan beberapa soal latihan yang berguna untuk menguji pemahamanmu terhadap Listening yang baru saja kamu dengarkan. Kamu tidak perlu khawatir jika masih tidak mendengar jawabannya, karena kamu bisa mengulangnya sesukamu. Jika itu masih tidak berhasil, kamu bisa melihat script-nya dengan mengklik ‘Quiz Script’ yang ada di bawah Listening Exercise. Setelah semua pertanyaan dijawab, kamu bisa mengecek skormu dengan mengklik ‘Final Score’.



Dalam ‘Vocabulary’, kamu diajak mengenal kata-kata inti yang baru didengarkan. Ada beberapa latihan dan game di dalamnya yang akan melatih mengenal kata-kata inti. Dengan mengenal kata-kata inti, kita bisa mengetahui cara menggunakannya dalam percakapan. Dan di ‘Post Listening’ kamu diberikan latihan untuk menggunakanynya dalam percakapan. Latihan ini bisa lakukan sendirian atau bersama teman.

Namun, jika kamu tidak bisa terlalu lama koneksi internet, kamu bisa mencopy ‘Listening Exercise’-nya, mengunakan Real Media atau Window Media. Caranya dengan klik kanan dan ‘Save Link As’. Karena sistemnya mengkopi bukan mendownload, jadi kamu tidak perlu khawatir menunggu terlalu lama.

Website ini juga menyediakan mailing list yang akan mengirimkan pelajaran-pelajaran terbaru ke alamat emailmu. Kamu hanya perlu memasukan alamat email ke kotak yang telah disediakan.

So, happy learning!