Sabtu, 31 Desember 2011

10 Blog Terbaik yang Gue Ikuti di Tahun 2011

1. Nailul Huda (hoedamanis.blogspot.com)

Gue mengenal Hoeda pertama kali ketika kita sama-sama belajar di sebuah kampus di Jawa Tengah. Setelah drop out dari kampus itu, gue kehilangan jejak tulisan-tulisanya. Google yang biasanya tahu segala hal nggak bisa ngasih informasi apapun tentang dia. Baru setahun belakangan ini akhirnya gue menemukan blog tersebut.

Ini adalah salah satu blog yang rajin diupdate dan berisi banyak hal. Dari yang paling serius, paling porno sampai paling konyol. Berkunjunglah sekali-kali ke sana. Lo akan dibawa menjelajah melalui tautan-tautan pada sebuah tulisan yang membawa ke tulisan yang lain. Terus dan terus. Seperti labirin pikiran. Menyesatkan, juga mengasikan.

2. Wicaksono (ndorokakung.com)

Gue mengenal Bloger gaek ini dari bukunya yang berjudul Ngeblog dengan Hati. Sebelumnya, Mas Wicaksono atau lebih ngetren dipangil Ndoro Kakung memang sudah malang melintang di dunia per-blog-an. Dan gue memang terlambat mengenalnya juga mengenal dunia blog ini.

Dia menulis bahwa menjadi blogger itu bisa berarti siap memilih jalan yang sunyi. Berkarya untuk dirinya sendiri dan menghindar dari kemasyhuran. Sebab popularitas itu membelenggu. Ia bahkan rawan menjadi sasaran perli khalayak.

Tulisan-tulisan dalam blognya nggak mengurui dan nggak pernah lebih dari 500 kata. Dia bilang gemuruh di ranah blog mungkin mirip perjalanan kembang api. Seseorang dengan cepat terlontar bercahaya ke angkasa, bak bintang luncur dengan suara riuh. Tapi tak lama kemudian ia meredup, lalu menghilang di kegelapan malam, jatuh sebagai arang yang getas.

3. A. s. Laksana (as-laksana.blogspot.com)

Buku Creative Writing karya A. s. Laksana wajib dimiliki bagi yang butuh pencerahan tentang dunia penulisan. Mas Sulak, begitu ia biasa dipanggil, adalah seorang sastrawan yang punya pemikiran-pemikiran cerdas dan unik. Gue kagum. Kunjungilah blognya, gue jamin lo akan juga terkagum-kagum.

Kekaguman gue bukan hanya itu. Ia juga pembelajar sejati. Autodidak murni. Dia mungkin satu-satunya orang yang memahami metode Hipnosis Erickson hanya dari membaca buku.

4. Raditya Dika (radityadika.com)

Gue mengenal Kambing Jantan dari seorang kawan. Setelah membeli Cinta Brontosaurus, gue mulai mencari segala sesuatu tentang dia. Sampai akhirnya, kami bertemu pada sebuah pelatihan menulis yang dipelopori oleh Rotrac dan Gagas Media di Wahid Institute.

The rest of that is a history. Dia menelpon gue untuk menerbitkan karya gue yang pertama. Tulisan di blognya —walaupun akhir-akhir ini terlihat menurun tapi, tetap menghibur.

5. Panji Pragiwaksono (www.pandji.com)

Gue belajar tentang nasionalisme dari Panji. Penggiat stand up comedy ini juga punya pemikiran-pemikiran yang cemerlang yang sering dituangkan dalam blognya. Mengunjungi blognya terasa semangat optimisme yang sangat realistis.

6. Paulo Coelho (paulocoelhoblog.com)

Nggak perlu diperkenalkan lagi penulis kelas dunia ini, Paulo Coelho. Seperti buku-bukunya, blognya juga sangat menggugah dan inspiratif. Dan yang paling penting blog itu diupdate tiga hari dalam satu minggu. Penulis yang sungguh produktif.

7. Nanette (www.nannersp.com)

Nanette, ibu seorang putri ini tinggal di Amerika. Tanpa sengaja gue menemukan blog ini dan langsung menyukai tulisan-tulisannya. Ia bukan penulis, maksud gue belum pernah menerbitkan buku, tapi tulisan-tulisan dalam blognya menandakan ia seorang yang terbiasa belajar banyak hal.

Tulisan-tulisanya ringan. Tentang keseharian. Baju yang ia pakai. Pesta putrinya. Liburan. Pindah rumah. Yeah, all simple and ordinary thing. Sometimes wordless (as she said).

8. Fahd Pahdepie(fahd-isme.blogspot.com)

Nama penanya Fahd Djibran. Ia adalah pemikir yang serius. Pemuda peneliti ini sungguh mengagumkan. Gue mengenalnya dari goodreads.com. Buku-bukunya, walaupun gue belum memiliki semuanya, sungguh membuktikan keluasan wawasannya.

Berkunjung ke blognya, gue merasa disuguhi pemikiran-pemikiran optimis dan Islam yang damai. Anak muda yang keren.

9. Helvy Tiana Rosa (helvytr.multiply.com)

Sebelum berkunjung ke blog salah satu penulis Indonesia paling berpengaruh ini, gue nggak pernah tertarik untuk membaca tulisan-tulisannya, buku-bukunya. Tapi begitu baca salah satu postingan di blognya, gue ketagihan. Tulisannya begitu menyentuh. Humanis. Nggak mengurui dan tentang hal-hal yang sederhana yang luput dari pengamatan orang biasa. Helvy Tiana Rosa adalah wanita dengan hati malaikat.

10. Abdurahman Faiz (masfaiz.multiply.com)

Abdurahman Faiz adalah anak ajaib. Gue kehabisan kata-kata untuk mengambarkan keunikan anak kecil ini. Kunjungilah blognya lo akan tahua apa yang gue maksud. Anak dari pasangan Tomi Satryatomo dan Helvy Tiana Rosa ini lahir tahun 1995.

Gue hampir nggak percaya dia bisa nulis sebanyak dan sebagus itu. Benar benar anak ajaib. Di bawah ini gue kutipkan puisinya yang dia tulis untuk presiden penyair Sutardji Colzoum Bachri, padahal saat itu ia baru berusia 12 tahun.

MEMBACAMU

membacamu
kutemukan puluhan
bulan lonjong
tertawa
dan lumpur
membedaki
kakikaki
kuda luka

satu saja
teriakan matari
dan segala kata
mengejar merdeka!

18 Juli 2007


Ya, setelah banyak membaca, gue menyadari benar apa yang pernah dikatakan Voltaire, "Semakin aku banyak membaca, semakin aku banyak berpikir; semakin aku banyak belajar, semakin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apa pun"