Minggu, 01 Januari 2012

Apakah Hari Ini Satu Januari Duaribu Duabelas?

Kapan tangal satu Januari dirayakan sebagai tahun baru?

Tanggal 1 Januari dirayakan sebagai Hari Tahun Baru pertama kali dalam sejarah pada 1 Januari tahun 45 Sebelum Masehi.

Namun ada beberapa fakta yang berkaitan dengan Penanggalan Masehi ini. Diantaranya:

1. Julius Caesar mengganti penanggalan tradisional Romawi yang telah diciptakan sejak abad ke-7 SM. Penanggalan baru tersebut dibuat dengan mengikuti revolusi matahari, sebagaimana yang dilakukan orang-orang Mesir. Inilah kemudian yang disebut Kalender Julian. Sistem tersebut digunakan secara resmi di seluruh Eropa, hingga diterapkannya kalender Gregorian oleh Paus Gregorius XVIII pada 1582. Jadi ada dua penanggalan “Masehi” yang dikenal sampai sekarang, yaitu Kalender Julian dan Kalender Gregorian.

2. Pada tahun 1582 juga, Kalender Gregorian melakukan pengurangan hari. Kamis 4 Oktober 1582 langsung diikuti Jumat 15 Oktober 1582. Walaupun begitu, penanggalan yang banyak dipakai sekarang ini adalah penanggalan mengunakan Kalender Gergorian.

3. Kata “Masehi” berasal dari “Mesias” dalam bahasa Ibrani dan “Kristus” dalam bahasa Yunani. Jadi, jika ketika kita menyebut 50 SM (Sebelum Masehi) itu artinya 50 tahun sebelum kelahiran Kristus. Jika kita menyebut tahun 2012 M (Masehi) maka maksudnya 2012 tahun setelah kelahiran Kristus. Tapi Menurut beberapa penelitin, Yesus atau Nabi Isa bagi umat Islam lahir beberapa tahun sebelum itu. Ada yang bilang 4 tahun ada yang bilang 6 tahun sebelum itu. Artinya Yesus lahir “Sebelum Masehi”.


Sumber (National Geographic Indonesia, Air Hidup, Belajar Sampai Mati, Wikipedia)

Yeah, begitulah. Sampai saat ini pengunaan Kalender Masehi sudah dipakai dua ribu tahun lamanya, sehingga udah nggak mungkin dirubah lagi. Dan jika kita mengakui penelitian-penelitian tersebut, sesunguhnya kita berdiri pada waktu yang bukan yang seharusnya. Hari ini seharusnya bukan tanggal 1 Januari 2012. Kita berada pada waktu yang salah.

Selamat tahun yang katanya baru!