Selasa, 13 Januari 2015

Belajar Tentang Hidup, Keindahan, Kekuatan dan Kebahagiaan dari Kupu-Kupu

Tanyalah tentang arti satu menit kepada orang yang sekarat, begitu yang pernah kawan saya katakan ketika menjelaskan makna waktu dan hidup. Kepada kupu-kupu, kita bisa bertanya dua hal sekaligus; tentang hidup, juga tentang keindahan. Hampir tidak ada yang menyangkal bahwa kebanyakan kupu-kupu yang berumur sangat singkat itu punya sayap dengan corak dan warna yang cantik. Maka tanyalah tentang arti keindahan padanya, mungkin ia akan menjawab, "Kalian akan selalu menyenangi keindahanku, tapi jarang memikirkan jalan perubahan yang aku tempuh untuk mencapai keindahan itu."

Getar sayap kupu-kupu memang lembut, ringan sekaligus rapuh, tapi kita juga mengenal Butterfly Effect, bahwa kepakan sayap kupu-kupu di hutan belantara Brazil secara teori dapat menghasilkan tornado di Texas beberapa bulan kemudian.

Kupu-kupu juga mengajari kita akan arti kebahagiaan. Bukankah kebahagiaan itu seperti kupu-kupu? Yang jika dikejar, ia selalu di luar jangkauan, tetapi, jika kamu duduk dengan tenang, ia mungkin akan turun mendekatimu.